Sir Winston Leonard Spencer Churchill

"Keuletan yang perlu kita tiru ..."-avie diambil dari website Andre Wongso.

Suatu hari di usia tuanya Winston Churchill mengunjungi sebuah sekolah dasar dimana ia pernah bersekolah saat masih kecil dan akan menyampaikan sebuah pidato. Sang kepala sekolah berpesan kepada murid-muridnya "Ini adalah saat-saat bersejarah, Winston Churchill adalah pembicara berbahasa inggris yang paling hebat. Tuliskan semua kata-kata yang diucapkannya. Ia akan menyampaikan sebuah pidato yang tak terlupakan"

Ketika Churchill berpidato, sejenak ia memandang ke anak-anak itu dengan kacamata yg dilorotkan, kemudian berkata :"Jangan. jangan. jangan pernah menyerah !!" lalu ia kembali ke tempat duduknya.




Sebagian besar murid sekolah tsb sangat kecewa dengan pidato yang sangat singkat itu, namun sang kepala sekolah merasa bahwa itu adalah pidato Churchill yang paling hebat. Sebuah ciri khas Churchill yang paling menonjol adalah keuletannya. Ia tidak pernah menyerah dan sikap itulah yang menginspirasikan Inggris saat Perang Dunia II untuk terus berjuang ketika yang lainnya telah menyerah.

Keuletan artinya terus berpegang pada perjuangan kita. Keuletan artinya kita konsisten dengan kata-kata kita. Keuletan adalah tentang "mengamalkan ucapan kita dengan perbuatan nyata".

0 komentar:

Post a Comment