Mudik lagi…. Lagi-lagi Mudik. Semangat kaleee…

Harian Kompas terbitan 5/10, pada headlinenya berbunyi ‘Kepadatan Sepanjang 26 Km’ dengan kata lain macetnya ‘audzubillah…’ kate wong betawi. Tapi yang membuat saya lebih ngeri adalah sub judulnya ‘Jumlah korban mudik mencapai 1.835 orang!’

Ya… menurut data Mabes Polri jumlah itu berasal dari 970 kasus dengn 427 orang meninggal dunia dan 524 luka berat! Dan, sebagian besar kecelakan lalu lintas itu adalah sepeda motor (836 unit) bandingkan dengan mobil penumpang (219) dan bus (66).

Menurut Menteri perhubungan Sofyan Djalil, hal ini dikarenakan “karena pemudik terburu-buru ingin cepat sampai di tujuan, mereka pun mengabaikan berbagai peraturan dan rambu-rambu lalu lintas, seperti memotong bahu jalan dan tidak berhati-hati saat melewati jalur rel kereta api.”

Bagi anda para pemudik yang menggunakan jalan darat tentunya tidak heran melihat tinggkat kepadatan, kesemrawutan dan tentunya kondisi jalan yang selalu belum selesai di perbaiki saat lebaran… Hal ini selalu berulang setiap tahun, bahkan pemudik jalan darat ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Motivasi untuk bertemu sanak keluarga pada Lebaran adalah alasan yang paling utama bagi para pemudik di Indonesia. Ini Tradisi, yang mungkin sudah mengakar. Perasaan ini yang bisa mengalahkan segala kemacetan, desak-desakan maupun semua hal yang menghambat perjalanan.

Semua rintangan dilalui, semua masalah dicarikan solusinya yang terpenting tujuan untuk mudik tercapai. Ini benar-benar semangat yang luar biasa, semua daya upaya pikiran, tenaga dan perasaan ditujukan hanya untuk mencapai ‘ultimate’ goal  MUDIK ketemu sanak saudara.

Dapatkah semangat ini ditularkan pada kehidupan sehari-hari?
Kita yang ingin dan bercita-cta jadi pengusaha, bisa ndak mengaplikasikan semangat mudik ini. Semangat untuk mencapai tujuan akhir yang mereka yakini memang mereka inginkan dan akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

Mari kita wujudkan semangat mudik ini dalam menggapai cita-cita sebagai pengusaha.

0 komentar:

Post a Comment