Pilhan yang paling MENENTUKAN masa depan ANDA

Malem ini dapet postingan di grup WA tetang kata BISA dan NDAK BISA, postingannya berbunyi :

Ketika kita berkata BISA, maka sejuta jalan akan terbuka


Ketika kita berkata TIDAK BISA maka ada 1001 kata siap jadi alasan


Kalo dipikir-pikir dan agak direnungkan sedikit, maka postingan kawan ini ada juga benarnya ya. Bersikap positive adalah sikap yang tepat untuk menerapkan prinsip ini.

Jadi, ingat cerita yang memiliki makna inti yang sama seperti postingan diatas itu. Mau dengar ceritanya? Begini... di jaman dahulu kala... :)

Seorang pengusaha sepatu sedang mengetes dan interview beberapa orang kandidat untuk menjadi marketing manager di perusahannya. Setelah beberapa tahap dilalui maka tinggal sisa 2 orang yang ada ditahap akhir. Maka sang pengusaha sepatu ini mengutus masing-masing kandidat ke salah satu negara afrika yang sedang berkembang.

Misi mereka cukup simple dan sederhana, datang kesana lalukan survey dan apakah kita layak membuka cabang bahkan pabrik disana untuk menjual sepatu yang dijual oleh perusahaannya.

Setelah 2 minggu berselang maka keduanya telah kembali ke kantor pusat dan siap melakukan laporan terhadap tugas yang diberikan oleh sang pengusaha sepatu ini.

kandidat pertama - memaparkan hasil temuannya dalam banyak slide presentasi di power point. Dimana intinya dari laporan yang diberikan adalah - negara di Afrika tidak layak untuk membuka cabang, apalagi hingga membuat pabrik disana. Alasannya adalah hampir semua tempat dan kota yang didatanginya disana tidak ditemukan toko sepatu!

Setelah diperhatikan lebih seksama maka hampir semua orang Afrika di negara tersebut TIDAK menggunakan sepatu. Mereka lebih senang bertelanjang kaki. Jadi, afrikan bukan lah tempat yang tepat untuk berbisnis sepatu.

kandidat kedua - hanya ada satu lembar laporan dengan tulisan besar yang berbunyi: Big Opportunity untuk berjualan sepatu disana, karena

hampir semua orang afrika saat ini tidak menggunakan sepatu maka kemungkinan keberhasilannya akan besar bila kita mengedukasi mereka pentingnya menggunakan sepatu bagi kesehatan dan keselamatan mereka sendiri.

Nah - kandidat pertama mewakili TIDAK BISA dan kandidat kedua sebaliknya. Kira-kira siapa yang akan di angkat sebagai marketing manager di perusahaan sepatu tersebut.

Yup pasti jawaban anda sama dengan saya :)

Nah, saat kandidat kedua berkata kesempatan besar untuk mengembangkan industri sepatu disana. pada saat yang sama dalam otaknya sudah mulai berpikir bagaimana caranya, langkah apa saja yang perlu dipersiapkan dan dilakukan. Inilah yang terangsang saat dia berkata BISA,

kandidat yang lain karena sudah berpikiran TIDAK BISA maka saat itu juga muncul berbagai alasan yang bisa diajukan ke depan bos selama paparan/laporan berlangung. Hal inilah yang langsung terpikirkan olehnya saat melakukan paparan.

Nah, marilah kita mulai untuk membiasakan diri selalu berpikiran positif, karena ini akan menarik energi positif yang lain yang akan membantu kita secara langsung dalam melakukan suatu keputusan.

OK, jangan langsung berkata tidak bisa ya... padahan nyoba aja belom, baru liat atau denger doangan :)

4 comments:

  1. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    ReplyDelete
  2. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  3. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    ReplyDelete