Ada FOCUS, ada MILESTONE, ada apalagi ya?

Pernah ngga baca atau mungkin mendengar rekan atau bos kita bilang tentang "Kerja harus FOCUS jangan terganggu dengan hal lain itu DISTRACTION" atau dilain waktu, ada motivator yang berkata "buat hal yang akan menjadi MILESTONE dari tujuan anda" 

Nah, saya termasuk salah seorang yang sering sekali mendengar 2 kata "ajaib" tersebut dan kadang kala (kalau tidak mau dibilang sering kali, biar kelihatan keren lah... LOL) menggunakannya juga saat sedang berapi-api menjelaskan sesuatu kepada yang lain, terutama para pemula di kantor :)

Sebenarnya apa sich maksud dari 2 kata ini dalam penerapannya sehari-hari, apakah kita sudah benar cara menggunakan kedua kata ini? 

Bila kita tilik dari mba google translate berikut adalah terjemahan dan pengertiannya -


Apa hubungan kedua kata tersebut dengan GOAL?
*ntar dulu lah satu-satu napah

Terjemahan yang saya gunakan adalah - FOCUS: perhatian yang harus kita berikan lebih pada satu hal tertentu dibandingkan dengan hal lainnya, tanpa harus terganggu oleh hal lainnya.  Ada yang mendefinisikannya sebagai Folow One Course Untill Success - F.O.C.U.S Dalam kegiatan management sehari-hari, hal ini dapat berupa sesuatu hal atau benda yang ingin kita capai atau dapatkan.

Sedangkan MILESTONE saya lebih memaknainya sebagai suatu hal yang terjadi secara significant membuat perbedaan atau mengakibatkan perubahan ke arah yang baik dalam process itu sendiri. Dengan kata lain ini adalah tandanya atau titik dimana kita buat sebagai tanda pengingatnya.

Malam tadi saya mendapat pencerahan baru tentang pengertian kedua kata tersebut dari permaian Jelly Blast di gadget android saya - sampai level tertentu tantangan menjadi semakin sulit dan untuk memenangkan pertandingan maka juga semakin sulit. Saat semakin ingin memenangkan level tersebut maka semakin sering saya kalah dan harus mengulang dari awal lagi di level itu. RETRY! bah! nyebelin kaleee...

Pengen menang malah terus kalah, padahal harus FOCUS nich ngalahin score si mbarep :) (judulnya mah ndak mau kalah sama junior). Sudah muley pake napsu juga maennya nich :(

tapi saat dapat lima baris dan "blasting" semua jelly maka score yang saya dapat juga jadi tinggi sekali. 2 kali dapat lima baris selesai sudah tantangan di level itu. 
Saat saya ulang dan mulai sedikit merubah 'focus' mencari lima baris dan beberapa 'blasting' yang lain maka frekuensi kemenangan jadi semakin meningkat nich. Wow kerenz...
Ehm... saat saya fokus pada kemenangan dan kalah, napsu dan frustasi yang saya dapat. Namun, saat fokus di permudah dengan mencari 'blasting' kemenangan malah makin sering didapat. 

Insight yang saya dapat ternyata - kita harus FOKUS pada sesuatu yang besar sebagai GOAL kita, dalam permainan ini adalah menang di semua level. Itu adalah kemenangan besar yang kadang juga memberikan PRESSURE kepada kita sendiri. 
Tapi bila FOKUS itu diperkecil sedikit menjadi mencari 'blasting' yang secara teknis lebih mudah maka rasanya koq makin lancar ya...? kemenangan ini menjadi MILESTONE untuk permainan selanjutnya, carilah baris yang makin panjang untuk menciptakan 'blasting' yang lebih besar lagi dan akhirnya kemenangan di level itu bisa di raih.

Jadi, menurut saya hubungan FOCUS dengan MILESTONE adalah - 
tetapkan GOAL utama kita, FOCUS pada pencapainnya, bagi kedalam GOAL yang lebih kecil (biasanya lebih mudah dicapai) FOCUS disana, saat kita berhasil maka ini akan menjadi MILESTONE kita untuk meningkatkan level CONFIDENCE kita untuk mendapatkatkan GOAL utama yang diinginkan.

Milestone adalah pencapaian dari goal kecil yang menjadi focus jangka pendek kita dalam meraih goal utama.

Let's do it, makan nasi goreng kambing cikini 1 porsi aja harus dimakan sendok by sendok, walau pun lezat kan ndak semua nasi goreng sekaligus dimasukkan ke dalam mulut kita tokh :)



0 komentar:

Post a Comment