Sang Inspirator sedang terpuruk

Anda kenal siapa yang ada dalam photo disebelah ini?
Ya, dia adalah Purdi E.Chandra salah seorang inspirator bangkitkan jiwa enterpreneurship di Indonesia - anda pasti kenal dengan universitasnya yang di singkat EU (Enterpreneur University) yang telah menelorkan banyak "alumnus" yang berhasil di bidang wirausaha di Indonesia.

Virus enterpreneur yang ditularkan terkenal dengan jargonnya - "CARA GILA JADI PENGUSAHA". Dia juga adalah pendiri dari bimbingan Primagama yang telah berkembang pesat dan merambah ke berbagai bisnis yang lainnya.

Dia juga salah seorang yang telah "meracuni" pikiran saya tentang enterpreneurship. Terutama dengan pemikirannya yang sangat provokatif sehingga membuat saya berpikir juga. Apakah saya sudah berada di jalur yang benar?

Beberapa artikelnya saya "copas" juga dalam sub-blog 4Quadrant saya, dengan membacanya pasti saya yakin anda akan merasakan bahasa provokatif yang menantag kita untuk berpikir dan menjadi "gerah" - terutama bagi mereka yang sedang berada dalam zona nyaman saat ini. 

Apakah provokasinya berjalan dengan baik?
saya rasa ya, dari sisi lulusan EU banyak yang berhasil menjadi orang kata orang tua saya dulu. angkatan 'mahasiswa' nya juga sudah puluhan di berbagai kota. saya pernah juga menhadiri salah satu seminar EU ini dan sharing dari para senior yang sudah terjun langsung dalam bidang kewirausahaan ini dan juga mendengarkan langsung dari Purdi E.Chandra secara langsung. Memang sangat provokatif dan benar-benar "makjleb" - istilah saya - saat mendengarkan paparan dan jawaban2 yang diberikannya.

renungkan dengan hati tenang dan "open mind" maka kita akan mendapatkan pencerahan atau pun memahami pemikiran yang coba dilontarkannya, tanpa harus menghakiminya sebagai sesuatu yang harus ditelan mentah-mentah dan langsung dilaksanakan.
salah satu yang paling saya ingat adalah pertanyaannya kepada para peserta seminar yang saya hadiri saat itu -

"Anda masih bekerja saat ini? mau jadi pengusaha?" begitu tanyanya "Ya, sudah besok ajukan saja surat resign ke atasan anda maka lusa anda sudah bisa jadi pengusaha" - provokatif-kan :) apakah semudah itu? bisa YA bisa TIDAK.
ketika ditanya alasannya, dengan santai dia bilang - "kalo sudah resign kan ndak ada pemasukan, maka anda akan berpikir dengan keras bagaimana caranya mendapatkan pemasukan. Nah, anda akan langsung menjadi kreatif!" lanjutnya "ciri dan syarat menjadi pengusaha adalah kreatif dan manusia akan cepat kreatif bila kepepet kan. Jadi, ya pepetkan saja sekalian"

Namun, malam ini secara tidak sengaja saya browsing di google ternyata bapak ini sedang di rundung masalah hingga akan di penjarakan segala, begitu berita yang saya baca di web panajurnal dan web direktorat jenderal pajak, kejadiannya sudah berlangsung dari tahun 2013 kemarin ternyata. 

Nah, cukup menarik untuk mengikuti perkembangan dari kasus ini. Namun saya yakin akan ada banyak komentar yang beragam mengenai kejadian ini. Baik yang positif untuk para pendukung Purdi E.Chandra atau pun yang negatif bagi para penentangnya. Sperti biasa...:)


Saya termasuk anggota telat grup yang mengetahui masalah ini?
kemana aja ya selama ini? jadi mikir dech, apakah ini salah satu inconsistent yang saya bahas di tulisan untuk review 2014 ya? bisa jadi iya, jika IYA memang terbukti dech. Mari berbenah sebelum terlambat lagi! karena sekarang dah terlambat juga dibandingkan dengan teman seangkatan nich :(



0 komentar:

Post a Comment