100 tahun tenggelamnya KAPAL TITANIC

tanggal 14 April 2012 adalah tepat 100 hari tenggelamnya kapal commercial terbesar yang pernah di buat oleh manusia pada jamannya dan dinyatakan dengan "kesombongan" bahwasanya kapal ini ANTI TENGGELAM dan KARAM


pantesan film bioskop tentang TITANIC di release lagi dengan format 3D, mungkin bisa terasa kejadian tenggelammnya dan kita mera ikut tenggelam kalee ya... (belum nonton di bioskop mode on :( tapi kemaren semoat nonto liputan pembahasannya di National Geographic channel en thus... pagi ini di koran Sindo masih dibahas lage tentang Titanich ini.

Namun, apa mau di kata justru pada pelayaran perdananya kapal ini tenggelam hanya dalam waktu kurang dari 4 jam setelah kapal menabrak gunung es dan 37 detik saja tenggelam seluruhnya setelah kapal ini terbelah.

banyak klaim hebat yang dibuat untuk kapal ini, namun sekaligus juga menunjukkan betapa manusia itu sangatlah kecil di mata Tuhan. Bahkan mereka membedakan tingkat sosial mereka sendiri. Pembedaan masyarakat kelas atas tampak jelas dari fasilitas yang diberikan oleh Kapal ini, mungkin bisa terlihat dari film yang dibuat dengan bintang Leonardo De Caprio.

RMS Titanic berangkat dari Southampton pada 10 April 1912 menuju Cherbroug lalu ke Quenstowm, Dari kota inilah pada tanggal 11 April 1912 pukul 13.55 waktu setempt TITANIC berangkat dengan membawa 2.223 orang dan 899 diantaranya adalah kru kapal tersebut, dengan tujuan New York yang direncanakan tiba pada tanggal 17 April 1912 dengan membelah Samudera Atlantik.

Urutan detik-detik kejadian tenggelamnya kapal ini adalah sebagai berikut:
09.00 - Titanic menerima laporan pertama adanya gunung es di depan mereka
21.40 - Titanic menerima laporan terakhir adanya gunung es
23.40 - Titanic menabrak gunung es hanya dalam waktu 37 detik setelah melihatnya
00.05 - Kapten kapal memerintahkan kru kapal menyiapkan perahu penyelamat
00.15 - permintaan pertolongan pertama disampaikan
00.45 - sekoci penyelamat pertama diturunkan
02.20 - Titanic tenggelam dalam hitungan menit setelah terbelah menjadi dua
04.10 - Kapal Carpathia yang berada dekat Titanic mulai membantu penyelamatan
08.30 - Korban selamat dari perahu penyelamat terakhir dikumpulkan

... dan pada tanggal 18 April 1912 Kapal Carpathia tiba di New York dengan membawa korban selamat.

Dari sisi hubungan manusia dengan penciptanya maka terlihat bahwasanya kita sebagai manusia tidaklah layak untuk menjadi sombong dan takabur dengan segala hal penciptaan yang bisa kita lakukan. Kesombongan "White Star Line" pembuat kapal yang lalu dikutip media sebagai kapal yang tidak mungkin tenggelam telah membuatnya tenggelam dalam waktu yang sangat singkat.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari kejadian tenggelamnya kapal termewah pada jamannya ini, namun untuk tulisan ini saya hanya ingin menggaris bawahi bahwasanya manusia sangatlah kecil dbandingkan dengan kekuasaan yang dimilikiNYA, maka sangat tidak layaklah kita untuk bersombong diri terhadapNYA.

Ya Rabb, ampunilah hambaMu ataas kesombongan yang telah kami lakukan. Amin.

0 komentar:

Post a Comment