Baru juga Hari pertama Lebaran nak...

background: 2 PSP tercebur ke got depan rumah eyang


Pagi ini kami merayakan Idul Fitrhi 1436H atau 17 Juli 2015 dalam kalendar Masehi di rumah dan setelah sholat Ied berencana untuk ke rumah orang tua di daerah Bekasi. Semua bersemangat bahkan si kecil yang baru berumur 6 bulan setengah pun ikut berangkat ke lapangan untuk menunaikan sholat idul fithri bersama dengan saudara-saudara nya yang lain. singkat cerita setelah sholat kami pun berangkat ke rumah eyang - "mudik" ceritanya yang hanya berjarak 25km dari rumah kami :)

seperti biasa semua membawa perangkatnya masing-masing, si abang membawa oppo barunya, biar bisa nge"line" sama teman-teman katanya, sedangkan no.2 sibuk mengendong adiknya dan memintaku untuk membawakan laptopnya karena akan maen "game" sedangkan; si aa atau koko aku memanggilnya - mengalungkan 2 gadget PSP di lehernya, si kecil tertidur lelap seperti biasanya. Saat sampai di rumah eyang, entah bagaimana caranya 2 gagdet di leher si aa terjatuh dan "menyelam" dengan sukses ke dalam got/saluran depan rumah eyang !!!!! GRRrrhhh....

baru juga selesai ramadhan dan bermaaf2an langsung dimendapatkan cobaan hasil sebulan puasa kemaren... benar-benar kontan nich!

ternyata aku sedikit ndak lulus tuh, karena langsung sibuk memarkirkan mobil dan mencoba secepat kilat mengambil 2PSP itu dari dalam got, membersihkannya dengan tissue kering dan dengan tidak lupa melotot ke si koko dengan bergumam pelan - "Kamu di grounded, ndak boleh main game di semua gadget selama sebulan!" sampai-sampai bersilaturahmi dengan saudara yang lain pun tertunda karena kejadian spektakuler itu.

setelah ke2 PSP itu kering, pun tidak bisa dinyalakan kembali tentunya dong..
terbayang sudah rupiah yang harus dikeluarkan untuk membuat kedua gadget itu dapat di pakai kembali. Bah! mulai tahap menyalahkan "semua" masuk kedalam otak pikiran ini. tahapan menginterogasi - ini bahasa halusnya untuk bersiap marah ke dia - aku lakukan dan tampaklah wajah tak berdosa anak usia 7 tahun yang berusaha tegar, menahan tangis dan menjelaskan kronologis kejadiannya.

BAP berlangsung cepat termasuk memanggil kedua kakaknya untuk mementukan jenis hukuman apa yang layak diberikan ke adiknya yang lalain ini. Saat kedua kakak itu berdiskusi tentang hukuman apa yang harus diberikan dan berapa lama, hati saya trenyuh melihat wajah polos si koko yang tampak pasrah dengan semua yang akan terjadi. sebelumnya saya lihat dia sudah menangis dan menjelaskan ke ibunya mengapa dia sampai lalai, dalam isak tangisnya. Namun, saat acara BAP berlangsung dia berusaha untuk menahan tangisnya dan mencoba bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, walaupun itu tidak sengaja menurut versinya sendiri. 

Wajah polos itu hanya membuat ku berpikir: apakah sudah benar yang aku lalukan terhadapnya? apakah emosi yang kutunjukkan masih belum sepenuhnya terkendali?
saat itu teringat salah satu ceramah pa ustadz dalam tarawih kemaren - "merugilah orang-orang yang berpuasa namun hanya mendapatkan lapar dan haus saja" kebetulan bagian ini saya ndak ketiduran dalam masjid tuh, beneran ndak ada bekasnya tuh sebulan berpuasa -- semoga tidak demikian adanya.red :'(  

Setelah lontong sayur satu piring penuh masuk perut mulai lah proses introspeksi diri berlangsung dalam pikiran saya: Kenapa kejadian ini terjadi ya?
hal pertama yang terlintas adalah - kamu telah menunda niat pembayaran shodaqoh...
Ya. 2 minggu lalu saya berniat untuk memberikan shodaqod ke mesjid yang saya tunda hingga hari lebaran tiba. Saya perkirakan biaya perbaikan kedua gadget itu akan memakan Rupiah sejumlah shodaqoh yang tertunda itu. Wallahualam bishawab tapi rasanya ya seeh...

setelah jumatan hari ini dan bercanda lembali dengan c koko - oh ya kaka2nya menghukum dia 1bulan tanpa gadget dan si koko menerimanya - dan membicarakan dengan ibunya apa yang bisa dia lakukan untuk mengisi 1 bulan masa hukumannya, karena akan berat pastinya bagi si koko, dibandingkan saudara2nya yang lain dia yang paling gemar bermain game dan bisa tahan berjam-jam untuk bermain. Dan saya ceritakan pikiran saya tentang shodaqoh yang tertunda itu dan dia hanya menjawab... "Yaitu lah, kalo dah niat ya dikeluarkan dong! jangan ditunda-tunda dan dipikir-pikir lagi, kan kamu juga yang ngajarin aku kalo dah mau shodaqoh langsung keluarkan saja ndak usah dipikir-pikir lagi" --- Jleb! rasanya, nasihat yang disampaikan dengan lembut pun terasa mengiris hati ini loh, sakitnya tuh disini!

Terima kasih atas pelajarannya Ya Allah, ijinkan hambamu memohon maaf mu dan mengambil hikmahnya dari kejadian ini.

NB. saat ini jam 13:17 - kedua gadget sudah bisa nyala, hanya satu tidak ada gambarnya dan satunya ada gambarnya namun joy stick nya tidak bisa digunakan, semoga aku dapat discount dari shodaqoh yang tertunda itu - (manusia memang tidak pernah mau merugi, walau sebenarnya mereka adalah mahluk yang merugi bila tidak mengikuti pentunjuk yang telah diberikanNya.

7 comments:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  2. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    ReplyDelete
  3. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    ReplyDelete
  4. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  5. sudah beberapa hari saya mencari berita seperti ini, dan akhirnya.. akhirnya ketemu!! terimakasih nih ya? postingannya sangat berharga bagi saya, thanks gan!

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    ReplyDelete