Pasar Malam di Pabrik Gula Tjukir

Kemarin saya jalan-jalan lagi ke arah Kediri dari Surabaya, karena berangkat sudah agak siang maka saya agak kemalaman di jalan. Magrib saya baru sampai Jombang, menimbang jam-jam segitu biasanya truk besar dan bus malam baru pada keluar maka jalan ke Kediri lewat Kertosono pasti penuh mobil-mobil besar itu. Maka saya putuskan Jombang-Kediri lewat jalan pintas melewati PG Tjukir.

Sekitar jam18.30 saya melewati depan PG Tjukir dan berhenti disana. Ada sate kambing yang enak loch di depan pabrik gula itu he..he… 

Sambil menunggu pesanan datang saya perhatikan ada keramaian dengan lampu-lampu neon di jalan raya depan gerbang PG. Menurut pelayan rumah makan, itu adalah pasar malam kagetan! hanya ada sebulan sekali pada saat pembayaran tetes dari PG dan hanya 3-4 hari saja.

Wah!! Benar-benar niche market yang spesifik
  • Calon customer memegang uang cash
  • Waktu yang sangat pendek hanya 3-4 hari saja
  • Tempat yang sangat ramai pengunjungnya (traffic)
  • Produk yang dijual kebanyakan adalah kebutuhan rumah tangga, mainan anak-anak dan baju/fashion plus kuliner pada beberapa standnya.
  • Pasar yang besar (fyi sekali giling bisa melibatkan ratusan petani)
Saya iseng bertanya pada salah satu penjual mainan anak-anak yang membuka stand disana, ternyata dia telah mulai belanja sejak sebulan yang lalu. Tepatnya setelah pasar malam bulan lalu selesai, dia belanja mainaan yang sedang digemari anak-anak dengan harga murah seperti karakter sponge bob dan ninja turtles. 

Dia melihat karakter itu yang banyak dibeli oleh para pengunjung baik yang membawa anaknya atau pun yang membeli untuk oleh2 anaknya.

Prinsip diatas adalah sesuatu yang nyata didunia offline, demikian pula yang terjadi pada dunia online. Anda bisa mempersiapkan website yang khusus tentang kebutuhan Natal misalnya. Anda sudah mulai bisa membuat perencanaan dan survey produk sejak sekarang. Membuat websitenya sesuai dengan SEO dan mempromosikannya sesegera mungkin.

Happy looking for niche market with huge market guys.


0 komentar:

Post a Comment