Overload Information


Sebagai manusia memang ndak ada benernya kita ini, kekurangan ngeluh eh.. kelebihan juga ngomel. Jadi, apa mau sebenarnya kita ini. Mungkin… yang sedang-sedang saja, seperti lagu ndangdut nya Veti Vera yang bener ya… (eh, kemana si mba satu ini ya, koq sudah jarang nongol di TV? Hush… jadi ngelantur nich tulisan

Saat ini memang kita banyak disuguhkan dan dijejali oleh banyaknya informasi yang bertebaran di sekeliling kita, kata orang sich memang sekarang adalah abad informasi, Namun, pernahkah anda bayangkan saking .... banyaknya informasi itu malah membuat kita bingung?

Mana infomasi yang akan kita pergunakan? Atau mana saja dari informasi itu yang benar-benar bermanfaat bagi kita? Itu adalah sebagian dari masalah karena banyaknya informasi yang bertebaran dan sangat mudah kita dapatkan.

Mulai dari Koran, Teve, Radio, Obrolan teman hingga iklan dan internet yang dapat kita akses setiap saat. Sudah overload mungkin kita ini sekarang, apakah anda setuju?

Iklan yang menjanjikan cepat kaya di internet sangat berlimpah, bahkan penerus system bisnis seperti QSAR (ini jaman dulu banget) yang berskema piramida, sehingga yang terakhir masuk adalah yang bunting masih banyak bertebaran. Tapi ya… koq banyak juga yang ikutan lagi dan menjadi korban. Heran…?

Yang saya rasakan saat ini adalah bingung untuk memilih dan menyaring informasi apa saja yang sebenarnya bermanfaat dan layak menempati salah satu rak penyimpanan informasi dalam otak ku!

Akhirnya saya hanya memilih untuk menyaring informasi yang ada berdasarkan goals yang ingin saya capai. Goal-nya adalah belajar membaca cepat, maka saya akan mencari informasi hanya FOKUS pada topic tersebut.

Kriteria yang SPESIFIK ini ternyata cukup membantu untuk dapat menyaring dan memanfaatkan informasi yang “bejibun” banyaknya di jagad ini. Bisa membuat kita juga menjadi expert di bidang yang kita pilih ini loooh…

So, keep it FOKUS and SPESIFIC Ok!

Office Desk, Nov 26 2008

0 komentar:

Post a Comment