Mudik Lagi... Macet Lagi... Mudiiiiikk... Macet lage

 ** tolong judul diatas dinyanyikan dengan nada dari lagi mbah surip alm. ya :)

Tradisi Mudik memang sangat kental di Indonesia ini, terutama sekali di wilayah pulau Jawa. Berkumpul bersama dengan keluarga besar dengan suasana Idul Fithrie memang berbeda. BErsilaturahim dan berjumpa secara fisik bagi mereka yang lama tidak berjumpa memang akan sangat berbeda suasananya.

Hal ini membuat tradisi ini sangat kental di masyarakat kita, bahkan mereka akan tempuh dengan segala resiko yang ada mulai dari tiket perjalanan yang akan lebih mahal dari hari biasanya bahkan ada yang mencapai kenaikan sampai 2x lipat, booking hotel yang harus jauh-jauh dari dengan biaya yang bisa 2x harga normal juga plus yang paling dibahas adalah kemacetan di jalan selama perjalanan bagi mereka yang menggunakan kendaraaan sendiri atau angkutan via darat selain kereta.

Sudah banyak kecelakaan yang terjadi dijalan raya selama masa Lebaran ini, yang paling terdengar santer adalah meninggalnya istri artis Saipul Jamin yag mengalami kecelakaan tunggal di Tol Padalarang km 90-97. Hingga dibahas di TV dan media lainnya (koran, majalah dan Radio plus internet lah :). - mungkin karena istri artis ya jadi banyak pemberitaannya - termasuk pengelola Tol Padalarang ini sendiri berkomentar.

Ironisnya, Sehari sesudah kejadian tersebut masih di sekitar tempat kejadian yang sama sebuah bis mengalami kecelakaan juga namun tidak terdengar kabar santer seperti kejadian sehari sebelumnya itu. Kayaknya jumlah korban lebih banyak dech... (hush, jadi gossip dech)

Hanya sekedar mengingatkan karena saya mendapatkan data perbandingan kecelakaan sebagai berikut:

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sudirman Lambali mengungkapkan bahwa selama arus mudik Lebaran sejak (H-7) pada 23 Agustus 2011 hingga hari kedua Lebaran pada 31 Agustus 2011, jumlah kecelakaan sebanyak 2.998 peristiwa. Dari jumlah tersebut tercatat korban meninggal mencapai 490 orang, korban luka berat 811 orang, dan korban luka ringan sebesar 2.027 orang.

Jumlah kecelakaan ini, menurut Sudirman, mengalami peningkatan dibanding jumlah kecelakaan saat mudik pada tahun 2010. Dari catatan posko tersebut pada tahun lalu, jumlah kecelakaan mencapai 2.246 peristiwa. Dari jumlah itu, korban yang meninggal dunia sebanyak 539 orang dan jumlah korban luka berat sebanyak 660 orang. Sementara itu, sebanyak 1.283 orang mengalami luka ringan dalam kecelakaan saat perjalanan mudik.

Namun, suka duka ini tetap saja mereka jalani demi untuk berkumpul dengan sanak keluarga. Semoga ini adalah niatan yang tulus untuk bersilaturahim, bukan hanya untuk gagah-gagahan dan ajang pamer diantara keluarga besar mereka !!!

Semoga informasi ini membuat kita lebih bijak lagi untuk mempersiapkan perjalan mudik kita selanjutnya.

Psst saya sendiri ngalamin perjalanan mudik arus balik di hari Sabtu, 2 sept 2011 Purwokerta-Bandung 18 Jam yang biasanya hanya menempuh waktu 7-8 jam saja :(

0 komentar:

Post a Comment