Proses = Process

hampir dalam setiap meeting saya selalu dengar kata proses, atau process in english :)
menggambarkan sesuatu kejadian yang berlangsung antara input dan output.

Kalo ndak salah dulu saya sempat dapat mata pelajaran pemodelan, itu pun kalo saya ndak tidur waktu kuliah he,,, he,,,
disalah satu kuliah itu adalah membahas masalah ini, dalam bentuk yang sederhana bisa digambarkan sebagai berikut:

note: koq dah kaya dosen gini bahasanya ya LoL

INPUT -->; PROCESS -->; OUTPUT

dimana proses adalah suatu kegiatan atau pengolahan dari segala macam inputan yang dimasukkan kedalamnya untuk menghasilkan suatu keluaran atau output tertentu - bisa yang sesuai dengan yang diharapkan atau pun tidak.

disinilah muncul istilah GARBAGE IN, GARBAGE OUT yang artinya... bila sampah yang dimasukkan sebagai bahan inputnya maka sudah bisa di"pasti"kan sampah juga yang dihasilkannya.

Walau... ada sebagian orang yang membantahnya dengan alasan tidak semua sampah keluar sampah, bagaimana dengan hasil daur ulang - kan inputnya adalah sampah/bahan tidak terpakai namun keluarannya/output adalah barang yang bisa dimanfaatkan?

tapi... saat ini saya tidaj ingin ngomoning itu. PROSES itu yang terpentin buat saya saat ini. bila kita ingin mendapatkan/menjadi SESUATU - output maka kita harus mengalami yang namanya proses. banyak hal yang kita bisa jadikan contoh:


INPUT PROCESS OUTPUT
baju kotor mesin cuci baju bersih
kayu pengrajin kayu patung indah
besi pandai besi pedang tajam
ulat kepompong kupu-kupu















lihat... sesuatu hasil (output) yang memiliki nilai dan manfaat yang jauh lebih baik dari bahan bakunya (input) harus mengalami suatu proses yang kadang "menyakitkan" untuk menghasilkan sesuatu yang indah bukan.

baju kotor, harus mengalamai putaran yang memusingkan untuk menjadi bersih. Sementara kayu dan besi harus mengalamami pemotongan, pemukulan, pemahatan, bahkan pembakaran di suhu tinggi untuk menghasilkan patung indah atau pedang yang bagus.

sementara... kupu=kupu yang indah berasal dari ulat yang ber"proses" menjadi kepompong dan kupu-kupu harus keluar secara tersiksa dari lubah kecil yang ada di kepompong tersebut!! untuk menjadi kupu-kupu yang indah.

Jadi... proses itu kadang menyakitkan namun hasil yang akan didapatkan pastinya akan sangat bernilai. Jangan menyerah di tengah jalan dalam menjalani prosesnya mungkin di ujung proses yang tinggal selangkah lagi anda akan mendapatkan hasil yang anda harapkan atau malah lebih dari yang anda harap dan bayangkan sebelumnya.

JANGAN MENYERAH KAWAN!

0 komentar:

Post a Comment