Alasan... hanya itu yang kita perlukan!

Alasan atau saya membahasakannya dengan istilah motivasi, karena buat saya motivasi adalah sebuah alasan untuk melakukan sesuatu guna mencapai atau meraih keinginan saya. 

Lagi... bahasa "training"-nya adalah tujuan atau GOAL.

Alasan ini pula yang bisa memompa semangat kita pada saat kita sedang "down" atau pada posisi terbawah atau terpuruk dalam mencapai tujuan  yang telah kita tetapkan sebelumya. 

Namun, alasan seperti apa yang benar-benar bisa memotivasi kita mencapai tujuan yang kita inginkan itu.

Nah, hari ini saya mendapatkan jawabannya.

Sudah banyak buku literatur yang saya baca, motivasi yang diberikan para motivator baik yang saya dengar langsung maupun via CD yang mengatakan bahwa motivasi terbesar adalah yang berkaitan dengan orang lain terutama orang yang (sangat) kita cintai, dimana bila kita berhasil mencapai tujuan itu maka akan memberikan kebahagiaan yang besar terhadap orang tersebut dan bila kita tidak melakukannya akan mengakibatkan kesengsaraan yang hebat terhadap orang tersebut.

Orang yang (sangat) kita cintai, sayangi dan kasihi ini bisa siapa saja, anak, orang tua atau istri/suami kita. atau bahkan mungkin orang lain (hemmm... siapa ya kira-kira kalo jenis yang ini :)

Mungkin, karena kebanyakan dari kita tidak terlalu peduli dengan keadaan sendiri.Oooo... kalo kebahagiaan yang akan didapatkan seperti itu ok lah, atau kalo akibat buruk yang kita akan terima seberat itu! kita pasti akan berpikir, OK... selagi itu hanya menimpa saya sendiri dan bukan orang2 yang aku cintai aku akan jalani saja. No problem!
Akhirnya hal ini membuat kita semakin 'jauh' dengan tujuan yang ingin kita capai di awal cerita ini.

Berita baiknya ternyata kita hanya memerlukan 1 alasan kuat kenapa kita harus mencapai goal yang telah kita tetapkan itu, terlebih lagi harus sesuai dengan waktu yang telah kita tetapkan juga. Ndak banyak khan... hanya 1.

Hanya ada 2 syarat supaya berhasil mencapai goal/tujuan/keinginan mu:

1. Tentukan tujuan yang spesific (SMART GOAL)
2. Bayangkan kebahagiaan yang akan terjadi bila pada orang yang kita cintai bi;a kita mencapai tujuan tersebut dan kesengsaraan teramat sangat yang akan diderita orang yang kita cintai bila kita tidak mencapainya!

Jadi, apakah anda sudah mempunyai alasan yang kuat untuk mencapai tujuan anda dan mendapatkan kesuksesan?


0 komentar:

Post a Comment