Bag.I - TRENDING TOPIC saat bom Sarinah

Saya mencoba menulis tentang apa yang terjadi setelah bom sarinah tentang fenomena apa yang saya lihat di media sosial dan juga obrolan dengan beberapa teman kongkow, ada beberapa hal yang menarik dan saat saya buat tulisan ternyata panjang kalee... kalau dijadikan satu dalam blog ini. Terutama dengan gaya menulis yang saya punya dan sedang kembang-kan (kembang kempis.red:
boros tempat kayaknya nich, pake dilengkap dengan gambar segala loh. Katanya gambar lebih banyak mengungkap makna bagi yang melihatnya (pembelaan red.)
Walhasil saya bagi dalam tiga tulisan dech... semoga sabar membacanya. Aamiin

Setelah beberapa hari dari kejadian pemboman di Sarinah, saya lihat trending topic di semua social media yang ada di dalam mobile phone saya membahas hampir semua “aspek” kejadian yang rasanya tidak terlalu terkait dengan esensi mengapa terjadi pemboman kali ini. Namun, ternyata hal lain inilah yang menjadi trending topic di social media.

Saya coba snapshot screen hp saya dan apa yang kami bicarakan di grup, tampak kejadiannya seperti langsung direlay, memang inilah contoh viral yang paling pas. Bagaimana sebuah gadget menghubungkan satu orang dengan lainnya secara cepat dan berita yang dikirimkan pun sangat actual dan real time, hanya kelemahannya kadang berita ini tidak factual

Berikut adalah snapshot nya :


Lihat lah list tranding topic di social media yang berhasil di rangkum oleh salah satu netizen dan disnapshot oleh netizen yang lain dan menyebar di social media.

Kejadian diperkirakan terjadi sekitar jam 10:00 pagi-an (ada beberapa sumber yang menyatakan sekitar jam 10:30) – kita tidak akan membahas perbedaan jam itu, namun lihat lah jam per jam trending topic yang terjadi – dimulai dengan #kamitidaktakut yang banyak membuat meme dan di sharing hampir disemua sosmed.

Berikut adalah contoh meme #kamit tidak takut yang bisa saya browsing and memang menunjukkan energy positifnya untuk menyatakan kalimant ini -




Yang menarik adalah apa yang terjadi sesudahnya,  dimulai dari pukul 16:00 terlihat pergeseran topic dari yang membahas tentang teroris dan apa yang terjadi disekitaran pengeboman di Sarinah Thamrin – tukang sate mulai masuk ke trending topic di sosmed sampai ngurusin polisi ganteng da nada loh yang sampai membuat promosi jualanannya dan bisa… bisanya dikaitkan dengan trending topic yang ada di social media.

Ada juga beberapa photo korban bom bunuh diri yang bertebararan di internet, lengkap dengan luka dan darah yang masih jelas terlihat tanpa di edit atau dibuat kabur terlebih dahulu. Karena satu dan lain hal saya mempertimbangkan untuk tidak menaruhnya dalam  blog ini. 

Hanya komentar yang saya dapat dan setuju saya taruh dalam tulisan sebelumnya - Bomb-at-sarinah-thamrin-1407 

Hal lain yang menarik adalah beberapa upload yang dilakukan oleh para netizen yang komen dan beritanya sangat kontras dengan kejadian pengeboman yang “seharusnya” sangat menakutkan dan menteror banyak orang di dunia. BOM dan TERORIS adalah topic yang paling mengerikan di bumi ini terutama pada saat-saat seperti sekarang ini. 

Hanya di Indonesia yang “tanggapannya” agak sedikit berbeza? Berikut adalah beberapa berita, meme, picture, snapshot yang berseliweran di social media – minimal yang mampir di mobile phone saya 

Beberapa diantaranya adalah –


Polisi ganteng dengan dandanan dan aksesorisnya pun tidak luput dari pantauan dan komentar netizen yang juga ramai dibicarakan di social media. 

Hebatnya lagi trending ini naik tidak sampai 24jam setelah kejadian pengeboman, hanya butuh 7jam trending topic beralih dari #bomdisarinah menjadi #polisipakegucci; #polisiGanteng


Bila dipikirkan lebih jauh akan banyak persepsi yang timbul dari apa yang saya sajikan di atas, saya memiliki beberapa pertanyaan yang mengusik -  
  • Sebenarnya apa yang terjadi dengan masyarakat kita?
  • Apakah ini yang di sebut ketidak pedulian atau optimisme yang tinggi?
  • Yang terpenting adalah “gue eksis” terserah lo pade mau jadi apa? Upload mania.
Ada meme-nya juga loh untuk polisi ganteng ini -



lanjut ke bagian.2



0 komentar:

Post a Comment